Pembuatan PCB menggunakan Software Eagle

Tutorial Pembuatan PCB menggunakan Software Eagle
 
 
EAGLE ( Easily Applicable Graphical Layout Editor ), merupakan sebuah aplikasi gratis untuk mendesain skematik Elektronika maupun PCB ( Printed Circuit Board ). Bagi penggemar Elektronika, membuat skematik dan PCB sendiri adalah pekerjaan yang menyenangkan. Dengan aplikasi EAGLE ini Kita bisa merancang, memodifikasi, dan mencetaknya untuk kemudian disablon ke dalam bentuk PCB. Aplikasi ini tersedia untuk Sistem Operasi GNU/Linux, Macintosh, maupun Ms.windows. Sayangnya, versi gratis aplikasi ini memiliki fitur yang terbatas. Jika Anda ingin menggunakan semua fitur dengan lengkap, maka harus membayar sesuai harga yang tercantum di situsnya.
 
Berikut ini langkah-langkah untuk membuat desain PCB:
 
1. Membuat Schematic Baru
 
Buatlah Nama project yang dikehendaki dilanjutkan dengan membuat schematic sesuai gambar berikut:
setelah itu akan muncul windows baru / worksheet tempat kita menggambar schematic.
 
 
2. Menyusun Schematic di atas Editor
 
 
Langkah pertama adalah dengan memilih komponen yang digunakan melalui tombol "ADD". Jika ada komponen yang digunakan sejenis dan berulang, hanya diperlukan pemilihan sekali saja selanjutnya bisa dicopy paste di editornya.
 
contoh diatas jika kita ingin memilih komponen IC CMOS 4017.
 
contoh diatas jika ingin menambah simbol supply GROUND

Setelah semua komponen diletakkan di editor maka dilanjutkan dengan menghubungkan kaki-kaki komponen sesuai dengan keinginan. Toolbar sebelah kiri sangat membantu dalam pengaturan schematic, seperti ilustrasi berikut ini.

 
Beberapa komponen tidak mencantumkan kaki-kaki yang umum seperti VCC & GND (tapi di pcb ada) , kadang ini akan membuat bingung namun jangan khawatir kita "INVOKE" saja melalui toolbar sesuai gambar berikut.

 
 
3. Routing PCB
 
Setelah semua schematic disusun sesuai keinginan, lanjutkan menuju ke PCB routing dengan perintah File==>Switch to Board.

Mulanya akan muncul PCB dengan kabel semrawut dan tanpa grid/kotak seperti gambar dibawah. Pindahkan semua komponen dengan :toolbal move + toolbar select + drag mouse ke semua komponen + klik kanan + Move group, ke dalam kotak PCB layout.

 
Setelah itu susun komponen sesuai keinginan dan selanjutnya bisa membuat layout PCB secara AUTO dengan memilih tombol auto route dan memilih jumlah layer pcb yg diinginkan.

 
jika ingin kembali ke mode awal sebelum di routing maka tinggal ikuti urutan ...pilih ripup + pilih select + drag mouse ke komponen + klik kanan + pilih ripup group.

 
4. Routing Manual
 
Terkadang routing auto akan menghasilkan routing yang aneh-aneh dan tidak masuk akal. Untuk itu perlu dilakukan routing manual. Toolbar yg penting adalah "ROUTE", "RIPUP" , "VIA" dan "RATSNET" sesuai gambar dibawah . Untuk meroutingkan PCB klik toolbar ROUTE dan klik antara kaki komponen yang akan di sambung. Ukuran routing dapat dipilih di toolbar sebelah atas ("width"). Jika routing manual tidak memungkinkan maka jurus VIA / Jumper dapat membantu dengan membuat "AIRWAYS" yang nantinya akan disolder dengan kabel pada bagian atas PCB.
 
 

Untuk mempercantik PCB dan menghemat waktu "ETCHING", maka daerah-daerah yang kosong perlu diberikan suatu gambar polygon. Pada umumnya polygon juga mewakili sinyal yang common/dipake berulang di PCB, umumnya sih untuk menghubungkan semua sinyal ground. Untuk membuatnya mudah saja, dengan menggambar polygon disekitar komponen dan menamakannya dengan nama signal yang akan disambungkan. jika tidak diberi nama maka polygon akan berdiri sendiri.
 
 
dan ketika tombol RATSNET ditekan maka PCB akan menjadi terhubung seperti ini.
 
 
 
 
tetapi permasalahannya antara polygon dan routing terlalu mepet. Jangan khawatir, kita atur saja jarak antar routing melalui "DRC RULES".


setting DRC ini dapat disimpan dan dipanggil pada desain PCB selanjutnya.



             
 
 
5. Printout PCB
 
Setelah PCB layout selesai, dilanjutkan dengan printing layout ke atas kertas , plastik transparansi, glossy dsb. Layer yg dipilih hanya BOTTOM, PADS, dan VIA.
 
                                
 
selanjutnya lakukan printing secara mirror (untuk cara setrika) atau disesuaikan dengan kebutuhan.
 
                              
 
                             
 
Selain tutorial yang telah disampaikan di atas, ada pula video yang dapat lebih memudahkan anda untuk membuat PCB menggunakan software Eagle secara langsung.
 

 
Berikut ini link video yang dapat anda kunjungi tentang mendesain PCB dengan menggunakan Software Eagle.

Comments

Popular posts from this blog

Sistem Informasi di Bidang Pemerintahan

Visit this